UP2K Bisa Dilakukan Dengan Manfaatkan Halaman Rumah



DEPOK, BERSINERGI.co.id – Memulai kegiata dalam upaya peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) tidaklah harus dengan modal besar, apalagi menyewa kios atau ruko jauh dari rumah tinggal.


Lurah Tirta Jaya, M. Imron, mengungkapkan banyak warga yang memiliki halaman rumah, tapi sayangnya sebagian belum memanfaatkan dengan baik. Bahkan, dibiarkan sehingga ditumbuhi rumput liar.

“Kalau rumput makin tinggi, ya panen. Panen rumput,” katanya saat ditemui pada jam istirahat merapikan taman kantor kelurahan.

Imron, menuturkan, bahwa dirinya memanfaatkan halaman kantor dengan berbagai tanaman, seperti pepaya, singkong, sawo, klengkeng dan lainnya serta kolam ikan lele, bertujuan selain bisa dipetik hasilnya untuk warga kelurahan  sekaligus memberi contoh pemanfaatan halaman.

“Jadi, saya tidak hanya mengajak tapi juga memberikan contoh. Dan ternyata walau halaman tidak terlalu luas, jika dimanfaatkan dengan baik bisa menghasilkan  dan menambah pendapatan keluarga,” terangnya.

Tidak hanya itu, pemanfaatan halaman rumah secara tidak langsung sebagai langkah tepat menjalankan UP2K juga lingkungan rumah menjadi lebih bersih, sehat, asri, indah dan nyaman. [Ton].