DEPOK, BERSINERGI.co.id – Keceriaan tampak diraut wajah para siswa Taman
Kanak-kanak (TK) saat mengikuti wisuda dan pelepasan di Aula Sekolah Raflesia Depok yang berada di Perumahan Pondok Duta Kelurahan Tugu Kecamatan Cimanggis Kota Depok Jawa Barat. Sabtu (27/04/2019) pagi.

Kepala Sekolah TKIT Raflesia, Melly, Menjelaskan bahwa lulusan TK yang dipimpinnya siap untuk melanjutkan kejenjang pendidikan lebih tinggi hingga kelak menjadi generasi yang cerdas, mandiri dan berakhlak mulia.

Hal itu bukan tanpa alasan, menurutnya, setiap anak sejak masuk TK sudah diberikan materi pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang ditentukan. Usia anak TK 4-6 tahun itu, katanya masih suka bermain sehingga bermain sambil belajar.

“Kami punya empat sentra, antara lain sentra persiapan, yaitu pengenalan huruf sampai bisa membaca. Begitu juga pengenalan anggka hingga dapat berhitung dan penjumlahan angka,” ucapnya.

Sentra, musik dan olah tubuh, misalnya menyannyi,  menari. Sedangkan sentra Imajinasi adalah mengenalkan anak pada peran, misalnya cerita temanya memasak, maka ada yang berperan menyiapkan makanan, ada yang menyajikan dan lainnya. Disinilah anak belajar bersosialisasi, peduli lingkungan sekitarnya, bekerjasama, mandiri, disiplin dan bertanggungjawab.

“Yang juga tak boleh diabaikan adalah sentra tahfidz Qur’an, menghafal surat-surat pendek, doa dan hadist. Alhamdulillah lulusan TKIT Raflesia hafal sebanyak 19 surat pendek dan 20 hadist yang terkait dengan kehidupan sehari-hari,” terangnya.

Benny Novico Zani, Ketua Yayasan Raflesia mengucapkan selamat kepada siswa TK yang lulus dan memberikan apresiasi kepada Kepala Sekolah beserta staf guru serta orangtua siswa yang telah secara sungguh-sungguh memberikan perhatian sehingga proses belajar berjalan dengan baik.

“Kuncinya adalah bagaimana membuat-anak-anak belajar dengan nyaman. Kalau anak merasa nyaman lebih mudah menerima materi pembelajaran. Oleh karena itu, peran guru dan orang tua sangat penting untuk kesuksesannya,” tutur Benny. [Ato].