DEPOK, BERSINERGI.co.id – Kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) PKK kelurahan Mekarsari Kecamatan Cimanggis Kota Depok Jawa Barat,  kali ini dilaksanakan di aula kelurahan dengan suasana berbeda. Semua pesertanya mengenakan pakaian kebaya.

Iqbal Faroid, Lurah Mekarsari, menjelaskan Rakor PKK diisi dengan beberapa lomba, antara lain lomba busana, yaitu kebaya, baca puisi dan lomba baca pantun. Dari semua lomba, ucapnya, untuk juara 1, 2 dan 3 mendapatkan hadiah, sedangkan yang terbaik diberikan piala.

“Ya, Rakor PKK bulan ini agak beda dari biasanya. Semua kader memakai pakaian kebaya dan ada sejumlah lomba, jadi sekalian memperingati Hari Kartini dan HUT ke-20 Kota Depok,” ujar Iqbal, Kamis (25/04/2019).

Ketua PKK Kelurahan Mekarsari, Henny, mengatakan bahwa kegiatan Rakor diselenggarakan rutin setiap bulan, yakni pada Minggu terakhir. Rakor dimaksudkan untuk konsolidasi dan penyampaian informasi sekaligus evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan PKK, sebagaimana yang ada pada 10 Program Pokok PKK.

“Agenda Rakor adalah lebih pada penyampaian informasi, misalnya tentang kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya. Selain itu, evaluasi dan pelaporan hasil kegiatan di Posyandu yang ada di masing-masing RW,” ujarnya.

Hasil dari evaluasi, ke depan perlu mendatangi Posyandu untuk mengecek sejauh naba program dan kegiatan PKK, misalnya pemilahan sampah, Saat ini sudah ada 21 titik bank sampah tersebar di sembilan Rw dan diharapkan bertambah lagi di RW yang belum terbentuk bank sampah.

“Kami juga akan mengaktifkan taman bacaan di setiap Posyandu dan di Kampung KB. Harapannya PKK memberikan manfaat, partisipasi masyarakat tidak kalah penting sehingga kita bersama-sama membangun Kelurahan Mekarsari lebih baik,” imbuh Henny. [Ton].

        

     
[Mst].