RW Ramah Anak Butuh Kepedulian Bersama


DEPOK, BERSINERGI.co.id – Dalam upaya memberikan pembinaan sekaligus pemenuhan hak dan kebutuhan anak, adanya RW ramah anak makin berarti bila semua pihak turut peduli.

Hal itu ditegaskan Lurah Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, Bambang Eko pada saat acara Forum Kota Layak Anak yang dilaksanakan Kecamatan Cimanggis di Aula Kantor Kelurahan, Rabu (19/06/2019). Menurutnya, pembinaan pada anak bisa dilakukan oleh siapa saja, yakni agar anak yang kurang baik menjadi baik dan jika sudah baik menjadi lebih baik sehingga anak-anak memiliki masa depan gemilang.

“Di Kelurahan Curug ada 11 RW dan sudah ada sembilan yang terbentuk RW ramah anak, jadi tinggal dua RW yaitu RW 04 dan 06,” katanya.

RW ramah anak diharapkan bisa diimplementasikan secara optimal, di antaranya meningkatkan komitmen, memanfaatkan sarana yang ada, seperti taman bermain, pojok bacaan dan lainnya.

“Taman bermain anak ada di RW 03 sedangkan pojok  bacaan ada di RW 04, meski sementara ada di rumah salah seorang warga. Adanya RW ramah anak diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak berekspresi,” harap Bambang Eko.

Pada kesempatan yang sama, Sony Sulaksono, Ketua RW 03, mengatakan bahwa pembinaan dan pengawasan anak bisa dimulai dari keluarga. Bila masing-masing keluarga sudah memberikan pembinaan dan pengawasan yang baik, maka juga akan menjadi contoh bagi warga lainnya.

“Pembinaan dan pengawasan pada anak, yaitu bagaimana anak-anak dapat memanfaatkan waktunya dengan aktifitas positif, baik di dalam maupun di luar rumah,” jelas Sony. [Ato].