DEPOK, BERSINERGI.co.id – Kondisi Setu Pladen yang berada di Kelurahan Beji Timur, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat makin terlihat bersih setelah sejumlah anggota TNI dari Kodim 0508 melaksanakan kegiatan Karya Bakti dengan membersihkan kawasan tersebut, Rabu (24/04/2019).

Kegiatan sosial itu, dilakukan bekerja sama dengan Bidang Sumber Daya Air (SDA), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Selain itu, tampak organisasi kepemudaan, seperti Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI). Puluhan anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pemantau Kinerja Aparatur Negara (Penjara).

Dandim 0508/Depok, Letkol Inf. Eko Syah Putra Siregar, mengatakan bahwa kegiatan tersebut adalah salah satu program Teritorial Angkatan Darat.

"Program ini juga bekerja sama dengan Pemerintah Daerah setempat. Kalau untuk lokasi khusus, bisa dilakukan dimana saja, tidak harus di setu," ucap  Dandim.

Lebih lanjut Dandim, menjelaskan, pada April ini proses pembenahan atau pembersihan kawasan setu dilakukan selama lima hari.

"Usai Idul Fitri tahun ini, akan ada lagi karya bakti yang dilakukan. Namun kami masih mencari lokasi khusus tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang SDA Dinas PUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianti, menuturkan, pihaknya akan mendukung penuh program karya bakti oleh TNI Angkatan Darat. Dan sebagai bentuk dukungannya, sejumlah Satgas diterjunkan langsung untuk membersihkan setu Pladen.

"Aksi positif ini jelas harus kita dukung, bahu membahu menjaga lingkungan adalah tugas bersama," tabdas Citra dijumpai di lokasi kegiatan Karya Bakti..

Menurut Citra, sedimentasi yang terjadi di kawasan Setu Pladen tidak dapat dibenahi oleh alat berat yang ada sehingga kawasan yang tidak bisa dijangkau alat berat akan dilakukan dengan cara manual. Hal itu untuk mencegah terjadinya banjir

Harapannya adalah, Setu Pladen dapat dijaga oleh masyarakat dan tidak hanya mengandalkan pemerintah dalam pembenahan, tapi merupakan tugas dan tanggungjawab kita semua dalam menjaga kebersihan.

"Ayo masyarakat, kita jaga sama sama kawasan wisata daerah seperti Setu Pladen ini agar tetap bersih. Jangan buang sampah," imbuhnya. [Ato].