DEPOK, BERSINERGI.co.id – Lurah Mekarsari, Iqbal Faroid, terus mengajak warga masyarakat untuk meningkatkan ketahanan keluarga dalam upaya mencegah atau meminimalisasi kenakalan anak di wilayah tugasnya, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.

“Alhamdulillah, kalau di Kelurahan Mekarsari menurut saya tidak ada kenakalan anak, kalau pun pernah ada bukan anak Mekarsari, tapi dari luar,” katanya.

Meski begitu, Iqbal, mengimbau warga supaya mewaspadai, di antara pencegahannya dengan  selalu memperbaiki kualitas komunikasi dalam keluarga sehingga hubungan anak dan orangtua makin erat serta harmonis, penuh kasih sayang. Hal lain yang tidak kalah pentingnya, ucap Iqbal, adalah  memahami agama dengan benar.

Dalam ajaran agama, memerintahkan berbuat kebaikan, cinta dan kasih sayang. Demikian pula  melarang berbuat sesuatu yang tidak bermanfaat, apalagi sampai merugikan orang lain. Dengan dilandasi pemahaman agama secara benar maka kenakalan anak bisa dihindari.

Sejalan dengan program Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam mewujudkan Depok sebagai Kota Ramah anak, Iqbal berharap kerjasama seluruh unsur masyarat dapat ditingkatkan. Dan mendorong lebih diaktifkan  Bina Keluarga Remaja (BKR) dan Pusat Informasi Komunikasi Remaja sehingga anakatau remaja akan tumbuh dewasa  menjadi generasi muda yang berprestasi dan berkarakter yang baik serta jauh dari kenakan remaja. [Ato].