Pasar Tugu Siap Ikuti Festival Pasar Rakyat



DEPOK, BERSINERGI.co.id – Menjelang pelaksanaan lomba pasar “Festival Pasar Rakyat” tingkat Provinsi Jawa Barat, Pasar Tugu atau orang menyebutnya Pasar Pal melakukan persiapan.

Kepala UPT Pasar Tugu, Ikhwan Suryadin, mengatakan pihaknya saat ini sedang mempersiapkan profil pasar yang akan diserahkan ke Dinas sebekum tanggal 23 Juli 2019.

“Pasar Tugu masuk kategori pasar rakyat tipe C atau kecil dengan jumlah pedagang ada 246 orang. Sedangkan jumlah seluruh kios dan los sebanyak 386 yang aktif buka 313,” ucapnya di kantor, Selasa (09/07/2019).

Lomba pasar rakyat, katanya, akan diikuti ratusan pasar yang ada di 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. Namun demikian, lanjutnya, semua diseleksi dan hanya diambil 12 pasar kecil dan besar, jadi ada 24 pasar. Jika lolos seleksi, aka bisa ikut lomba.

“Pada lomba festival pasar rakayat biasanya penilain seperti administrasi dan kunjungan lokasi dengan melihat, misalnya lingkungan pasar, yaitu kebersihan, penataan atau zonasi, pembuangan sampah dan lainnya,” ujar Ikhwan.  

Meski sedang mempersiapkan lomba, imbuhnya, tidak ada perubahan besar, sebab sehari-hari pasar telah beroperasional seperti biasa. Begitu pula kegiatan rutin, contoh kerja bakti setiap Selasa dan Jumat berjalan dengan baik dalam upaya menjaga kebersihan dan kenyamanan pasar. [Ato].