Pentingnya Komitmen Pada RW Ramah Anak


DEPOK, BERSINERGI.co.id – Gencarnya sosialisasi pembentukan RW Ramah Anak tidak terlepas dari pentingnya komitmen bersama dalam melaksanakannya.

Hal itu, disampaikan oleh salah seorang pembicara, Retno dari Kota Layak Anak pada kegiatan Forum Kelurahan Layak Anak di Aula Kelurahan Tugu, Kecamayan Cimanggis, Kota Depok, Selasa (25/06/2019). Hadir Camat Cimanggis Eman Hidayat, Kepala Seksi Kemasyarakatan Kecamatan Cimanggis Tono Hendratno Hasan, Lurah Tugu Abdul Muthalib, pemgurus RW, Kader Forum Kecamatan dan Ketua Gugus Tugas kelurahan Tugu.

Ketua Gugus Tugas Kelurahan Layak Anak, Rizal, mengatakan RW Ramah Anak di Kelurahan Tugu sudah terbentuk semua. Diharapkan dengan kegiatan Forum Kelurahan Layak Anak dapat meningkatkan semangat untuk lebih komitmen melaksanakan RW Ramah Anak di wilayahnya masing-masing.

“Alhamdulillah, RW Ramah Anak sudah ada SK-nya untuk semua RW. Harapannya RW Ramah Anak bisa diterapkan dengan baik agar tujuan pembentukan RW Ramah Anak bisa diwujudkan,” ucap Sekretaris Kelurahan Tugu, Rizal.

Pada kesempatan yang sama, salah seorang pengurus RW 04, Jarkasih, menuturkan bahwa peran orangtua dalam keluarga juga sangat penting dalam terwujudnya RW Ramah Anak, sehingga selain lingkungan tinggal sudah ramah anak ditambah perhatian orangtua pada anaknya makin ditingkatkan, maka anak bisa terhindar dari perbuatan yang kurang baik.    

“Peran orangtua sangat penting dalam pengawasan dan pembinaan anak. Biasanya, anak-anak yang nongkrong sampai malam itu bukan dari wilayah setempat, tapi dari wilayah lain. Sebab itu, orangtua juga harus mengawasi,” katanya. [Red].